Sabtu, 16 Februari 2008

Clamworm

Clamworm

Nama Latin: Nereis virens
Phylum: Annelida
Sub Phylum: -
Ordo: Errantia
Family: Nereidae
Genus: Nereis
Species: Nereis virens
Kelas: Polychaeta
Nama Daerah: Clamworm


Pernapasan:

Terdapat beberapa insang pernafasan yang datar.


Habitat:

Nereis virens, termasuk annelida hidup di liang pada pasir atau lumpur pantai di daerah pasang. Liang itu kadang-kadang sedalam dua feet dan tertahan dari reruntuhan oleh lapisan lendir, yang menahan bersama butiran pasir. Siang hari clamworm istirahat dalam liangnya, tapi pada malam hari mengulurkan tubuhnya dalam mencari makanan, atau barangkali meninggalkan liangnya sama sekali.


Pencernaan:

Mulut luar hingga kerongkong dimana berbentuk belalai pendek yang menonjol keluar. Ini disempurnakan dengan otot protractor dan retractor. Kerongkongan menuju ke esophagus tipis dimana terdapat kelenjar pencernaan pada sisi lain lubang ke dalamnya. mengikuti esophagus terdapat usus perut lurus sampai ke anus.


Reproduksi:

Sistem reproduksi terpisah. Tidak ada identifikasi yang tepat terdapatnya gonad, tetapi selama masa pemeliharaan ova atau spermatozoa timbul dari dinding coelom pada masing-masing segmen kecuali dekat ujung anterior. Pada waktu ini keadaan luar cacing terlihat berbeda pada dua bagian, anterior atoke dan posterior epitoke, dimana terdiri dari gonad-gonad. Dalam keadaan khusus ini cacing disebut heteronereid. Gamete terpisah melalui nephridiopore dan fertilisasi terjadi pada air terbuka. Trochophore larva berkembang dari hasil fertilisasi telur.


Tidak ada komentar:

Selamat Datang

Selamat datang di blog http://www.jurnal-ku.blogspot.com. Di sini anda bisa menemukan jurnal-jurnal terbaru mengenai biological science dan beberapa aplikasi menarik yang dapat di download secara gratis.
Hanya di sini di http://www.jurnal-ku.blogspot.com.

Nature

Nature

Spirulina

Spirulina
Mikroalga kaya protein

Current issuess

undersea explorer

undersea explorer

Pentingkah pendidikan itu?